Selasa, 23 Mei 2017

Mengobati Sakit Maag

Assalamu'alaikum....akhirnya bangun dari tidur panjang, hihhihi. Kemana aja buu? punya hobi baru nih. Selalu deh. Memang sih, semenjak menikah jadi nggak pernah ngeblog lagi. Ups, tepatnya tahun 2016 sampai April 2017 ini ding. hehehe. Sebenarnya pengin sih cerita-cerita kehidupan pas nikah. Tapi ntar dulu deh. Sekarang mau berbagi pengalaman mengobati sakit maag yang bener-bener sakit sampai guling-guling nangis dan baru ini kurasakan. Yups, pasalnya aku kalau sakit maag cuma beberapa jam juga sudah sembuh itu pun nggak sakit-sakit amat, cuma sengkring-sengkring terus baringan juga ilang. Padahal yang namanya maag atau asam lambung itu bisa jadi kebiasaan buruk setelah makan langsung tiduran. Itulah salah satu penyebabnya selain makan tidak teratur.

Hari Senin siang itu aku membeli lotek di dekat rumah, soalnya lagi malas masak. Satunya pedes dan satunya tidak. Sebenarnya sih aku nggak lapar-lapar banget dan belum pengink  makan. Tapi aroma lotek yang seger membuatku ingin makan juga. Setelah makan, rasa perutku sangat penuh sekali. Rasa penuh setelah makan ini nggak terjadi cuma sekali. Tak berapa lama aku tiduran karena sangat ngantuk. Hingga akhirnya sakit itu datang. Terus aku beli promag. Lumayan berkurang sakitnya. Namun setelah reaksi obat itu hilang, sakitnya muncul lagi. Memang sih maag itu, sakitnya hilang timbul. Total habis 8 sampai hari kedua tapi belum juga sembuh, hiks.

Desperate, browsing di internet deh. Kebanyakan sih. situs-situs yang copas sana-sini. Coba tengok forum Kaskus diskusi pengalaman orang ngobatin maag, Ada yang Tepung pati alias kanji katanya bisa reda, agak sangsi juga sih. Terus singkong mentah dimakan gitu aja. Mungkin karena singkong bisa meyerap asam lambung ya. Yaudah deh, coba yang gampang, tepung kanji dikasih air terus diminum deh. Nunggu beberapa saat kok nggak ada perubahan. Yasudah bersabar sampai malam mau ke dokter dekat ronde Jago. Cerita punya cerita dokternya nggak kunjung datang sampai jam 19.00 malam, padahal buka praktek tertera 18.30. Mikir kepalang tanggung sih, sakitnya malah menjadi. Udahlah, ke apotik lagi beli Mylanta cair, kalo ga salah harganya 12 ribuan, siapa tahu manjur. 

Dan apakah yang terjadi, menurutku ini obat keras banget bikin perut makin melilit nggak karuan. Boro-boro ada perubahan, malah bikin tambah sakit. Jadi semaleman cuma bisa guling-guling meringis nahan sakit. Besokan deh ke puskesmas. 
Singkat cerita, akhirnya aku ke Puskesmas yang sebelumnya beli jajanan dulu biar jangan sampai kelaparan. Agak ngantri lama diperiksa deh, cuma suruh baring sambil perut ditepuk-tepuk gitu. Udah, nggak ada percakapan apa-apa. Terus dokternya ngasih resep obat. Dan obatnya cuma satu jenis. Aku biasanya sih cocok kalau udah berobat ke puskesmas. Semoga saja beneran bisa menyembuhkan. 

Kuminumlah obat itu, Beberapa saat nggak ada reaksi hinggan jam-jam berikutnya sakit masih hilang timbul. Hingga tiba makan siang aku pun makan. Rasanya udah mendingan tapi habis itu kambuh lagi. Browsing nemu pengalaman orang sembuh sakit maag setelah minum sari kunyit. Kemrin sih udah pergi kepasar beli kunyit dua ribu dapat satu keresek. Akhirnya kuparut dah tuh kunyit, disaring, peres trus kasih gula jawa biar nggak getir, eh jangan pakai asem lho. Terus direbus sampai mendidih. Kuminum deh perasan itu. Ajaib setelah sholat dzuhur, sakitnya hilang sama sekali. Ternyata manjur banget deh. Yuk teman-teman kalau timbul gejala saki maag minum perasan kunyit saja. Semoga berhasil ya. 


2 komentar: